Cara Mencegah Datangnya Penyakit Tiroid

Cara Mencegah Datangnya Penyakit Tiroid, dalam kesematan kali ini kami akan membahas tentang bagai mana cara mengatasi dan mencegah penyakit tiroid dengan aman dan tanpa menimbulkan efek samping. 
Pengertain Penyakit Tiroid
Penyakit tiroid adalah berbagai gangguan atau masalah yang terjadi pada kelenjar tiroid. Kelenjar yang terletak di bawah jakun ini bertugas mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh sehingga peranannya sangat penting bagi kita.

Kinerja kelenjar tiroid dikendalikan oleh otak. Ketika tubuh mengalami kekurangan atau kelebihan hormon tiroid, otak akan merangsang kelenjar tiroid untuk menyesuaikan kinerjanya agar kadar hormon tersebut kembali seimbang.

Penyebab Penyakit Tiroid
Jenis utama penyakit tiroid adalah kadar hormon tiroid yang terlalu tinggi atau rendah dalam tubuh kita. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor yang meliputi:

1. Masalah pada kelenjar pituari di otak.
2. Kelenjar tiroid yang rusak misalnya karena pajanan radiasi.
3. Pengaruh obat litium.
4. Kadar iodin yang berlebihan dalam tubuh.

Gejala yang harus di waspadai :

1. Penurunan atau kenaikan berat badan secara derastis
2. Pembengkakan di leher
3. Rambut rontok
4. Perubahan mood
5. Kedinginan atau kepanasan secara tiba tiba
6. Kelelahan
7. Siklus mensturasu terganggu ( wanita)
8. Masalah usus
9. Nyeri otot dan sendi

Cara Mencegah Penyakit Tiroid Dengan Menkonsumsi Makanan Sehat
Cara sederhana untuk mengatasi masalah tiroid adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan tiroid. Hal itu juga secara otomatis bisa membantu menjaga berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
Seperti yang dikutip dari laman Healthmeup, berikut penjelasan mengenai beberapa makanan sehat yang bisa membantu mengatasi masalah tiroid.

1. Makanan kaya yodium
Menambahkan makanan kaya yodium dalam makanan harian merupakan salah satu cara terbaik untuk memertahankan tiroid agar tetap sehat. Ini karena yodium membantu kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroksin yang penting untuk meningkatkan fungsi tiroid. Selain itu juga membantu mengatur metabolisme tubuh. Beberapa contoh makanan sumber yodium adalah rumput laut, ikan, minyak ikan, bawang, garam beryodium dan nanas.

2. Makanan kaya selenium
Gangguan tiroid juga bisa disebabkan karena kekurangan selenium. Selenium diperlukan untuk membantu menjaga keseimbangan hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid. Beberapa contoh makanan sumber selenium adalah bibit gandum, kerang, telur, jamur, bawang putih, minyak wijen pada pola makan harian Anda.

3. Makanan kaya tembaga dan zat besi
Tembaga dan zat besi dikenal sebagai makanan pendongkrak untuk meningkatkan tiroid. Karena itu, konsumsilah makanan yang banyak mengandung tembaga dan zat besi. Beberapa contoh makanan sumber tembaga adalah tiram, kerang, kacang mete dan daging. Sementara untuk contoh makanan sumber zat besi misalnya daging merah, kacang-kacangan, unggas dan sayuran hijau.

4. Asam lemak esensial
Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega- 6 membantu tiroid untuk menjaga metabolisme tubuh. Contoh makanan sumber asam lemak esensial yang harus anda konsumsi adalah ikan, kerang, sayuran berdaun, biji rami dan labu. Masukkanlah makanan-makanan tersebut ke dalam pola makan harian anda karena mMakanan tersebut merupakan sumber terbaik dari asam lemak esensial.

Artikel Terkait :

Obat penyakit gondok/ tiroid
Cara pemesanan obat tiroid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*